Penawaran terpopuler di Cirebon

Khusus untuk Anda

Toko-toko terpopuler

Produk istimewa

Mall di Cirebon Lihat lebih lanjut

Cirebon

KOTA CIREBON, KOTA UDANG DI JAWA BARAT YANG KERAP DIRINDUKAN AKAN WISATA SEJARAH DAN BUDAYA SETEMPAT

Jawa Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kota-kota yang padat penduduk, dan tentu saja menjadi destinasi wisata pula. Selain Bandung sebagai ibu kota, Jawa Barat juga memiliki kota lainnya yang juga keren. Salah satunya adalah kota Cirebon. Cirebon juga memiliki julukan yang sudah dikenal masyarakat luas seperti Kota Wali, Kota Petis, dan tentu saja Kota Udang. Hingga kini banyak yang mengenal Cirebon sebagai Kota Udang. Mengapa? Sejarah mencatat bahwa sejak awal mata pecaharian sebagian besar masyarakat adalah nelayan, maka berkembanglah pekerjaan menangkap ikan dan rebon (udang kecil) di sepanjang pantai, serta pembuatan terasi, petis dan garam. Dari istilah air bekas tersebut pembuatan terasi atau yang dalam bahasa setempat disebut (belendrang) yang terbuat dari sisa pengolahan udang rebon inilah berkembang sebutan cai-rebon, yang kemudian dikenal menjadi Cirebon. 

 

Cuaca di Cirebon juga cukup panas dan kering. Sebagai info bahwa kelembaban udara di Cirebon berkisar antara kurang lebih 48-93% dengan kelembaban udara tertinggi terjadi pada bulan Januari-Maret dan angka terendah terjadi pada bulan Juni-Agustus. Selain itu sebagian besar wilayah di Cirebon juga merupakan dataran rendah. Luas Cirebon adalah seluas 37,54KM2. Walau tidak terlalu luas, Cirebon memiliki daya khasnya tersendiri. Wisata sejarah hingga religi merupakan daya tarik yang dapat menarik wisatawan lokal. Cirebon juga terletak di wilayah strategis, yakni titik bertemunya jalur tiga kota besar dan ternama di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, dan Semarang. Semua jenis transportasi itu baik transportasi darat, laut, dan udara saling berintegrasi mendukung pembangunan di kota Cirebon.

Destinasi wisata sejarah dan tempat perbelanjaan ternama di Cirebon

Cirebon juga memiliki beberapa destinasi wisata yang menarik. Salah satunya adalah Keraton Kasepuhan. Keraton satu ini merupakan tempat wisata di Cirebon pertama yang wajib dikunjungi, terutama jika ada yang tertarik dengan sejarah Cirebon. Keraton di Cirebon ini dibangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mohammad Arifin yang notabene merupakan cicit Sunan Gunung Jati. Selain Keraton Kesepuhan ada pula Keraton Kanoman. Keraton ini adalah destinasi wisata bersejarah di Cirebon yang tidak kalah menarik dari Keraton Kasepuhan. Meski sudah banyak mengalami pemugaran, Keraton Kanoman tetap memertahankan dekorasi dan gaya arsitektur khas Jawa dan Tiongkok yang mengandung nilai sejarah perkembangan kerajaan Islam di Nusantara atau Indonesia. Selain kedua Keraton tersebut, ada pula Makam Sunan Gunung Jati, Taman Sari Gua Sunyaragi, Bukit Gronggong, dan Telaga Remis.

 

Sedangkan untuk pusat perbelanjaan di Cirebon juga cukup ramai terutama dengan masyarakat sekitar. Sebut saja ada Grage Mall, Cirebon Super Block Mall, Pusat Grosir Cirebon (PGC), Transmart Carrefour Cirebon, dan Grage City Mall. Sedangkan untuk retail ternama di Cirebon ada Yoyga, Carrefour, Lois, Dunkin Donuts, Ichiban Sushi, dan MR. DIY. Retail-retail tersebut akan lebih ramai dipadati jika memberikan diskon besar-besaran. Cirebon juga memiliki beberapa hotel yang dibangun dan kerap digunakan untuk menginap, salah satunya adalah Swiss-Belhotel Cirebon, Amaris Hotel, Batiqa Hotel, dan Hotel NEO. Hotel-hotel tersebut memberikan penawaran yang terbaik dalam bidangnya untuk tiap tamu.

 

Yuk, berkunjung ke Kota Udang atau Cirebon di Jawa Barat.

Tiendeo di kota Anda

Lihat katalog, brosur dan promo dari toko di kota lain

TIENDEO INTERNATIONAL

Ikuti Tiendeo

Unduh app Tiendeo